spekmotor. Powered by Blogger.

Sway: Motor Listrik Roda Tiga Yang Unik & Canggih

Sway: Motor Listrik Roda Tiga Yang Unik & Canggih - Jika belum lama ini, Yamaha baru saja meluncurkan Yamaha Tricity yang mengusung motor roda tiga berbahan bakar konvensional. Hal yang sama juga dilakukan oleh Sway Motorsport, sebuah perusahaan otomotif asal Amerika Serikat yang menciptakan motor roda tiga berteknologi listrik. Konsep motor listrik roda tiga yang dipamerkan pada event CES 2014 yang lalu.

Sway, Motor Listrik Roda Tiga Buatan Amerika

Melirik tampilan Sway, dimensi motor terbilang kecil. Kapasitas joki hanya untuk satu orang. Secara sepintas lebih mirip sepeda roda tiga ketimbang sebuah kendaraan bermotor.  Kendati terlihat simpel dan mungil, performa Sway ternyata cukup galak. Dengan daya baterai isi ulang, motor listrik roda tiga Sway mampu dibesut hingga kecepatan 112,6 km per-jam. Kecepatan yang setara dengan motor berbahan bakar dengan kapasitas 125cc.
Motor Listrik Roda Tiga
Motor Listrik Roda Tiga
Sway

Menengok mekanisasi cara kerja Sway, teknologi yang digunakan terbilang inovatif.  Untuk berbelok atau menikung misalnya, pengendara cukup menggerak-gerakkan lutut ke kiri atau kanan untuk membelokkan kemudi motor.

Bagaimana? tertarik memiliki motor listrik roda tiga ini? Kabar mengenai produksi massal motor ini nampaknya tidak akan memakan waktu yang terlalu lama lagi, pasalnya, lisensi Sway sudah didaftarkan ke badan hak paten.

Sway Motorsport memproduksi 3 varian yang berbeda. Pembedanya hanya kapasitas baterai yang disematkan di dalamnya. Jika performa motor berbahan bakar ditentukan oleh kapasitas mesin, maka, pada motor listrik, performa ditentukan oleh kapasitas baterai yang digunakan.

Kapasitas baterai juga menentukan jarak maksimal yang bisa ditempuh. Untuk spesifikasi terendah dari motor roda tiga ini mampu menempuh perjalanan 56,3 km saja. Sedangkan untuk spek diatasnya dapat menempuh 96,5 km. Untuk mengecas ulang baterai Sway, memerlukan waktu 3,5 jam hingga kapasitas terisi 100%.

Kendati belum meluncur secara resmi ke pasaran, namun, produsen motor tersebut sudah menjual motor ini secara inden dengan harga USD 4.999 atau setara Rp.60.500.000,-. Untuk versi diatasnya dibanderol dengan harga USD 10.999 atau sekitar Rp.133.000.000,- .Melirik harga moor, Sway memang lebih cocok mengarah ke segmen motor kelas premium. Hal tersebut bisa dimaklumi mengingat teknologi motor listrik yang masih jarang.

Demikianlah informasi mengenai Sway: Motor Listrik Roda Tiga Yang Unik & Canggih. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment