spekmotor. Powered by Blogger.

Modifikasi Honda CB150 Dongkrak Tenaga dgn Knalpot Vixion

Modifikasi Honda CB150 Pasang Knalpot Vixion - Bagi pemilik Honda CB150 Streetfire yang ingin mendongkrak performanya, memang ada banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari korek harian seperti penggantian filter, koil, busi, hingga knalpot racing. Penggantian knalpot racing memang jadi modifikasi termudah dan paling diminati untuk mendongkrak performa motor harian. Namun penggunaan knalpot racing terkadang masih harus berurusan dengan pak polisi terutama di daerah-daerah tertentu yang melarang penggunaan knalpot racing.

Nah, untuk sobat yang kepingin mendongkrak performa dengan cara mengganti knalpot racing bisa juga dilakukan dengan mensubtitusi knalpot milik motor sejenis. Modifikasi Honda CB150 di bagian knalpot bisa juga mengkanibal knalpot kepunyaan Yamaha Vixion! Melalui hasil pengujian dengan dynotest, penggantian knalpot Vixion di motor CB150 Streetfire ternyata mampu mendongkrak power sampai 1 dk! Tidak percaya? Berikut adalah hasil dyno yang dilakukan oleh tim motorplus baru-baru ini.

Modifikasi Honda CB150 Pasang Knalpot Vixion & Hasil Dynotest

modifikasi Honda CB150 dengan knalpot Vixion
modifikasi CB150 dengan knalpot Vixion
modifikasi CB150 dengan knalpot Vixion
Pengujian dynotest dengan knalpot standar CB150 didapati power maksimal di angka 14,15 dk di putaran 10.000 rpm dengan torsi 11,55 di putaran 7.400 rpm.

Setelah pergantian, hasil dyno ulang menunjukkan power puncak di angka 15,03 dk pada putaran 9.700 rpm serta torsi 11,99 Nm pada putaran 7.600 rpm. Grafik menunjukkan adanya peningkatan sebesar 0,88 hp dengan torsi 0,44 Nm.
Modifikasi Honda CB150 dengan knalpot Vixion memerlukan penyesuaian pada lekukan leher knalpot karena dudukan kedua jenis motor tidak sama. Hal ini bisa minta disesuaikan di bengkel knalpot untuk memelintir sedikit pipa tengah knalpot agar tidak mentok dengan mesin bawah motor CB150.

Modifikasi Honda CB150 dengan mengganti knalpot Vixion efeknya sama saja dengan mengganti knalpot racing. Tentunya dengan knalpot standar pabrikan, suara yang dihasilkan pun lebih adem dan halus. Selain knalpot Yamaha Vixion, knalpot lain yang juga bisa dipakai adalah knalpot Yamaha Scorpio dan Honda Tiger. Namun, dari hasil dynotest, knalpot Vixion adalah yang paling mendongkrak performa untuk mesin CB150.

Bagaimana, tertarik me-modifikasi Honda CB150 anda dengan mengganti knalpot Vixion?

Artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment