spekmotor. Powered by Blogger.

Menambah Topspeed Kecepatan Yamaha R15, CBR150R, Vixion, Ninja, dll

Menambah Topspeed Kecepatan Yamaha R15, CBR150R, Vixion, Ninja - Meskipun memiliki jeroan mesin yang sama dengan New Vixion Lightning, namun karakter Yamaha R15 dibuat sedikit berbeda, terutama pada settingan ECU yang condong ke putaran atas. Melalui pengujian di banyak media dan blogger, top speed Yamaha R15 bervariatif mulai dari 131 - 138 km/jam. Sama halnya dengan motorsport lain seperti Honda CBR150R, Ninja RR Mono, Ninja 250, Yamaha Vixion, dll. Bagi yang merasa kurang puas dengan performa standar juga ingin menambah kecepatan Yamaha R15 milik mereka, tersedia bermacam-macam parts untuk mendongkrak performa. Apa sajakah itu?

Menambah Kecepatan Yamaha R15, CBR150R, Ninja, Vixion Untuk Harian (Semua Motorsport Injeksi)

menambah kecepatan motor
menambah kecepatan motor
Tips berikut adalah cara-cara menambah kecepatan motor yang dipertimbangkan masih aman untuk keperluan harian:

Filter Replacement - Penggantian filter standar dengan filter replacement berfungsi untuk menambah deposit udara sehingga pembakaran lebih sempurna. Efeknya, nafas motor terasa lebih plong. Sejauh ini ada 2 macam filter replacement yang cukup diminati, yaitu ferrox dan K&N.

Koil Ultraspeed - Beberapa koil aftermarket memang dirancang untuk dapat menghantar pengapian lebih baik dibanding koil standar pabrikan. Dengan pengapian yang besar, efek pengantian koil cukup mendongkrak performa di rpm menengah hingga atas.

Busi Iridium - Pergantian koil rasanya belum klop jika tidak diimbangi dengan busi iridium. Busi iridium memiliki daya percik api yang lebih besar dan fokus sehingga menyempurnakan pembakaran. Jenis busi iridium yang banyak dilirik di pasaran adalah NGK dan Denso.

Knalpot Racing - Untuk menambah kecepatan Yamaha R15 maupun motor apa pun, rasanya bagian yang satu ini jadi barang wajib. Penggantian knalpot racing membuat saluran buang jadi lebih besar dikarenakan knalpot jenis racing tidak terhalang oleh sekat-sekat. Ada banyak pilihan knalpot racing untuk R15, CBR150R, dll yang beredar di pasaran, antara lain Sakura, WRX, Prospeed, dll.

o2 Manipulator - Dengan mengganti semua parts diatas, rasanya belum cukup nendang kalau tidak diimbangi dengan settingan o2. Tujuannya agar pembakaran tidak terlalu kering meningat pergantian filter, busi, koil, serta knalpot otomatis memerlukan kucuran bahan bakar lebih untuk mendapatkan performa yang diingikan. Dan hal itu bisa dilakukan dengan mengatur ulang ECU melalui bermacam-macam perangkat seperti o2 manipulator atau Piggyback.

Kampas & Per Kopling Racing - Kedua parts ini juga berfungsi untuk menambah kecepatan Yamaha R15, CBR150, dll. Kampas dan per kopling tipe racing memang dibuat dengan bahan yang lebih baik. Efek penggantian kampas dan per koling tipe racing membuat hentakan motor jadi lebih responsif.

BBM - Saat ini terdapat 3 jenis bahan bakar yang beredar, yaitu spesifikasi Ron88, Ron92, Ron95. Untuk pembakaran yang lebih optimal, terutama yang ingin mengejar performa disarankan agar menggunakan BBM minimal ron92.

Oli - Untuk performa yang maksimal serta daya redam panas mesin yang baik disarankan untuk menggunakan oli mesin dengan jenis full synthetis. Beberapa nama yang cukup terkenal di kalangan pecinta ngebut antara lain: Motul 5100, Castrol Racing, Liqui Moly, Pertamina Enduro, Shell Advance Ultra, Yamalube Supersport, Total Hi-perf, dll.

No comments:

Post a Comment