spekmotor. Powered by Blogger.

Review Desain dan Fitur Yamaha R15 2014

Yamaha R15 - Sejak era Yamaha TZM 150 yang pernah mengaspal di Indonesia pada kisaran tahun 1990-an, hingga saat ini tak ada lagi satu pun motor keluaran Yamaha berjenis full fairing yang dipasarkan. Memang sempat ada motor full fairing lainnya yang diluncurkan pada tahun 2000, yaitu Yamaha Touch. Namun, usia motor tersebut tidak bertahan lama seiring dengan 'punah'nya motor-motor berjenis 2-tak di Indonesia juga dengan adanya regulasi standar Emisi bahan bakar yang berlaku di seluruh dunia.

Setelah lama 'tertidur', akhirnya Yamaha Motor Indonesia kembali menghidupkan pasar motor sport jenis full fairing dengan dimasukkannya beberapa nama yang selama ini menjadi ikon motor sport full fairing milik mereka, yaitu Yamaha YZF-R atau yang juga sering disebut sebagai Yamaha R. Untuk varian R sendiri, sudah ada beberapa nama yang siap meluncur pada tahun ini, antara lain Yamaha R1, Yamaha R15 dan R25. Pada artikel kali ini akan membahas salah satu varian 150 cc mereka, yaitu Yamaha R1 yang akan diluncurkan pada kuartal kedua tahun 2014 ini. Seperti apakah motor ini?

Melirik bagian sasis, nampaknya Yamaha R15 akan mengusung sasis yang sama dengan yang digunakan dalam Yamaha New Vixion Lightning 2014. Untuk sektor mesin, ada perbedaan dengan New-Vixion, dimana sistem transmisi sudah menggunakan 6-percepatan khas motor sport.  Sedangkan untuk Vixion hanya 5-percepatan saja. Secara garis besar, teknologi mesin memang ada banyak kesamaan dengan yang diusung oleh New Vixion terutama pada bagian gear box, crank case, dan teknologi mesin 1-silinder SOHC 4 klep dengan radiator air.

Yamaha R15 Untuk Pasar di Indonesia & Bocoran Tampilannya 

Desain Yamaha R15 Versi India dan Indonesia (perkiraan)

Desain Yamaha R15 yang akan diluncurkan di Indonesia disebutkan memiliki perbedaan dan ciri khas dibandingkan dengan Yamaha R15 yang sudah meluncur lebih dulu di India pada awal tahun 2014 lalu. Beberapa perbedaan terletak pada lampu seins. Untuk versi R15 Indonesia berbentuk lebih lancip dan menyatu dengan headlamp depan. Selain lampu seins, tercatat ada 6 perbedaan lainnya yang membedakan R15 versi Indonesia dengan India, antara lain:

Kunci Kontak - Yamaha R15 yang beredar di India menggunakan sistem kunci kontak standar, sedangkan untuk versi yang akan diluncurkan di Indonesia akan memakai model magnet.

Lampu Depan Otomatis - Beberapa motor di Indonesia sudah mengusung sistem lampu depan otomatis, seperti Kawasaki Athlete 2014 terbaru, atau Kawasaki Ninja 250. Dengan adanya aturan di Indonesia yang memberlakukan aturan menyalakan lampu depan selama 24 jam membuat Yamaha R15 versi Indonesia menghilangkan switch lampu kontak, sehingga lampu depan akan menyala sepanjang waktu selama mesin hidup.

Desain Kunci Kontak - Bentuk kunci kontak R15 versi Indonesia juga dibuat dengan teknologi laser yang menghasilkan desain yang halus dan presisi. Teknologi ini juga sudah diterapkan pada New Yamaha Vixion 2014.

Sari Guard - Yamaha R15 versi India dilengkapi dengan Sari Guard pada bagian swing-arm bawah. Apa itu Sari Guard? Sari Guard adalah pelindung yang bertujuan untuk melindung kain agar tidak tersangkut. Fitur ini dipasang sesuai dengan kebiasaan orang India yang wanitanya sering mengenakan pakaian khas mereka yang disebut Sari. Untuk R15 versi Indonesia, fitur ini ditiadakan sehingga  akan menambah kesan sporty pada bagian bawah motor.

Spakbor - Untuk desain spakbor kolong keluaran Indonesia akan lebih pendek dibandingkan versi yang meluncur di India yang spakbornya memanjang hingga ke bawah seperti halnya motor touring.

Footstep - Bentuk pembonceng yang diusung oleh R15 versi Indonesia terlihat lebih simpel dan elegan dengan 3 buah lubang plat saja. Sedangkan versi India menggunakan 7 lubang.

Untuk detil yang lebih lengkap bisa membaca artikel Yamaha R15 Versi Indonesia Detil & Gambar Lengkap

Demikianlah informasi mengenai Yamaha R15 Untuk Pasar di Indonesia & Bocoran Tampilannya. Semoga bermanfaat :-)

artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment