spekmotor. Powered by Blogger.

Yamaha R1 Bermesin Turbo Dongkrak Tenaga Sampai 250 hp!

Yamaha R1 Bermesin Turbo Dongkrak Tenaga Sampai 250 hp! Sebagai ikon sport fairing tertinggi dari keluarga R series, Yamaha R1 dengan mesin standar pabrikan mampu menghasilkan power hingga 179,6 Hp! Melalui sentuhan tambahan yang dilakukan oleh Extreme Creation (EC) yang bermarkas di negeri kangguru,  power Yamaha R1 langsung melonjak hingga 251,2 hp!

Yamaha R1 Bermesin Turbo Garret GT2871

Yamaha R1 Bermesin Turbo (kiri)
Yamaha R1 Bermesin Turbo (kiri) & Tampilan R1 aslinya (kanan)
Lonjakan drastis power Yamaha R1 itu didapat melalui pemasangan piranti turbo di jeroan mesinnya. Upaya itu dilakukan dengan perancangan tambahan rumah intercooler / pendingin mesin. Bagian ECU dan injector juga dicustom total. Perangkat turbo dipasangkan di jeroan yang berdekatan dengan keempat leher knalpot. Piranti turbonya merupakan produksi dari Garret GT2871 & Turbosmart Compgate 40 wategate.

Untuk mendapat kesan sangar, konsep Yamaha R1 bermesin turbo ini terpaksa menanggalkan cover fairingnya  sehingga tampilannya lebih condong ke moge naked ala street fighter. Modifikasi Yamaha R1 bermesin turbo ini juga terlihat di banyak sektor, seperti lengan ayun, sokbreker, hingga knalpot model under seat.

Tentu saja, dengan power demikian, belum ada motor produksi massal yang bisa menandingi motor 'gila' ini. Sebelumnya, memang ada satu karya modifikasi dari Kawasaki yang pernah menerapkan mesin turbo / NOS juga pada ZX-12R. Melalui pengujian Dynotest bahkan motor tersebut sanggup memuntahkan power hingga 500 hp atau setara motor Lamborghini atau Bugatti!

Aplikasi mesin turbo pada 4-silinder mesin R1
Aplikasi mesin turbo pada 4-silinder mesin R1
modifikasi Yamaha R1
Tentu saja, bukan hal yang wajar bisa mengendarai motor berkekuatan sebesar ini di jalanan umum. Merujuk pada power Kawasaki Ninja H2R saja harus disunat powernya jadi 200 hp saja untuk menyesuaikan standar regulasi yang diperbolehkan di jalan raya

Demikianlah informasi mengenai Yamaha R1 Bermesin Turbo Dongkrak Tenaga Sampai 250 hp! Semoga bermanfaat :-)

Artikel spekmotor lainnya mengenai:

No comments:

Post a Comment